[LYFESTYLE] Tips Membeli Tanaman Hias secara Online

tips membeli tanaman hias online

Tips Membeli Tanaman Hias secara Online – Halo Telutizen! Bagaimana kabarnya selama WFH ini? Masih terkendali dengan segala aktivitas kerja, menemani anak sekolah dan aktivitas lainnya? Supaya fikiran tetap fresh beraktivitas sehari-hari, beberapa dari kita mungkin tiba-tiba jadi designer interior dadakan (termasuk aku :D) daann salah satu item interior yang wajib juga sedang naik daun yaitu dengan menambahkan tanaman-tanaman hias untuk sudut ruangan supaya rumah lebih asri dan nyaman.


Trend tanaman hias yang sedang naik-naiknya ini, membuat toko tanaman kebanjiran pembeli. Ga cuma toko tanaman offline tiba-tiba banyak bermunculan toko tanaman online.

Di era pandemi, membeli tanaman secara online menjadi pilihan karena kepraktisan dan keamanannya. Kita tidak perlu pergi mendatangi toko tanaman, tinggal klak klik lalu tanaman dikirim oleh si penjual. Tidak perlu berinteraksi dengan sesama pembeli juga ketika berada di toko tanaman, sehingga bisa menghindari penularan Covid-19.

Tapi kita harus hati-hati nih Telutizen ketika membeli tanaman secara online, karena dikhawatirkan banyak oknum yang memanfaatkan trend tanaman hias. Berikut tips yang mungkin bisa diperhatikan sebelum membeli tanaman secara online, cekidot!

1. Memastikan Budget

Memastikan ketersediaan budget menjadi langkah awal dan penting untuk menuju langkah selanjutnya, terutama jika Telutizen ingin membeli tanaman sultan seperti jenis monstera (beli monstera marmorata, bisa auto jadi sobat misqueen), pink princess, birkin, syngonium varigata, dan masih banyak jenis tanaman sultan lainnya yang bikin dompet meronta.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan maupun Kondisi Rumah

Ketika memutuskan membeli tanaman secara online, Telutizen harus mempertimbangkan penempatan tanaman tersebut serta kondisi rumah. Apakah tanaman tersebut akan ditempatkan indoor atau outdoor, apakah mau memebli tanaman yang besar atau yang kecil.

Selain itu, beberapa tanaman memerlukan sirkulasi udara dan sinar yang cukup, sehingga kondisi rumah juga harus Telutizen perhatikan. Jangan sampai karena tidak diseusaikan dengan kondisi rumah tanaman tersebut malah mati dalam hitungan hari 😀 Jika ingin aman, pilih tanaman yang mudah dirawat dan tahan banting dalam kondisi apapun.

3. Memilih Toko Tanaman Hias Terpercaya

Jika Telutizen sudah menentukan jenis tanaman yang disesuakan dengan kebutuhan dan budget pun sudah aman, maka kita beranjak memilih toko tanaman hiasnya. Jika Telutizen ingin membeli di instagram, harus dipastikan akun tersebut memiliki followers yang cukup banyak. Periksa juga aktivitas di IG story dan interaksinya dengan konsumen di setiap postingannya. Biasanya toko online yang terpercaya tak segan untuk membalas atau berinteraksi dengan followersnya.

Namun, jika ingin membeli di marketplace, Telutizen bisa memeriksa apakah toko tersebut termasuk star seller/ reccomended seller atau bukan. Pertimbangkan banyak tidaknya tanaman yang terjual pada toko tersebut. Jika banyak, maka bisa dipastikan jika toko tersebut terpercaya.

4. Membaca Keterangan secara Detail dan Ulasan Pelanggan

Belanja di toko online, biasanya foto tanaman yang ditampilkan tidak selalu mirip dengan tanaman yang kita terima. Untuk menimalisir kekecewaan, ada baiknya baca keterangan secara detail terlebih dahulu. Dengan membaca keterangan tanaman yang dijual, kita bisa sedikit membayangkan tanaman tersebut dan mencegah kesalahan dalam membeli.

Selain membaca keterangan, Telutizen dapat melihat kolom komentar atau melihat review yang diberikan dari pembeli sebelumnya. Bisa juga Telutizen chat penjual dan minta foto asli tanamannya atau menanyakan hal lainnya yang ingin diketahui.

4. Menanyakan Pengiriman

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah opsi pengiriman. Meskipun toko yang sudah berpengalaman biasanya sudah punya standar packaging dan pengiriman, terutama jika paket tersebut dikirimkan ke luar kota bahkan pulau. Namun tidak ada salahnya jika kita memastikan pengirimannya sudah aman serta durasi pengirimannya. Misalnya Telutizen jika merasa perlu menambahkan lebih banyak tanah, memberi obat anti stress terlebih dulu, atau menambah packing kardus sehingga tanaman tetap dalam kondisi yang sehat ketika diterima.

4. Menanyakan Cara Perawatan

Mempelajari cara perawatan wajib dilakukan apalagi jika Telutizen masih pemula. Tak perlu segan untuk menanyakan pada penjual bagaimana karakteristik tanaman yang kita beli sekaligus teknik perawatannya. Hal yang perlu diketahui seperti frekuensi penyiraman dan pemupukan, tempat peletakannya, apakah di bawah sinar matahari atau di tempat yang teduh. Sehingga Telutizen tidak salah melakukan perawatan pada tanaman yang dibeli


Nah itulah beberapa hal yang bisa Telutizen perhatikan dan praktekan jika ingin membeli tanaman secara online. Semoga Tips ini bisa membantu Telutizen untuk membuat rumahnya hijau dan segar sesegar di pegunungan hihihi.

Kalau Telutizen punya tips apa ketika akan membeli tanaman secara online? Please drop your comments and tips!

See you on the next post Telutizen!


One response to “[LYFESTYLE] Tips Membeli Tanaman Hias secara Online”

Leave a Reply