Selamat Telkom University! PTS Terbaik No.1 di Indonesia Tahun 2020

Perguruan Tinggi Terbaik

Tahun 2020 ini, Telkom University kembali meraih penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik se-Indonesia dari Ditjen Dikti *trumpet* *trumpet*. Mefet-mefet dengan hari jadinya Telkom University yang ketujuh, rasanya mendapatkan penghargaan bergengsi (cailah) seperti ini bisa diartikan sebagai hadiah ulang tahun.


Kita sebagai Telutizen, pastinya bangga ya dengan capaian Telkom University di tahun 2020 ini bisa mempertahankan prestasinya sebgai PTS nomor 1 sama seperti tahun 2019 lalu. Berdasarkan pengumuman hasil Klasterisasi Perguruan Tinggi 2020, Telkom University ada di urutan 17 diantara PTN dan artinya menempati urutan nomor 1 diantara Perguruan Tinggi Swasta lainnya. Urutan 1 – 15 adalah perguruan tinggi yang masuk ke dalam klaster 1, sedangkan klaster 2 dimulai dari urutan 16 termasuk Telkom University berada di klaster 2 setelah UPI.

TOP 19 Pemeringkatan Klasterisasi Perguruan Tinggi di Indonesia 2020

Kemendikbud melalui Ditjen Dikti dengan membuat Klasterisasi Perguruan Tinggi ini bertujuan untuk menyediakan landasan bagi pengembangan kebijakan pembangunan, pembinaan perguruan tinggi serta untuk mendorong perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan. Selain itu, klasterisasi perguruan tinggi berfungsi untuk menyediakan informasi kepada masyarakat umum tentang kualitas kinerja perguruan tinggi di Indonesia.

Terdapat empat indikator yang digunakan untuk menilai kinerja perguruan tinggi, diantaranya :

  1. Aspek Input (Bobot Penilaian 15%), meliputi mutu sumber daya manusia dan mahasiswa,
  2. Aspek Proses (Bobot Penilaian 25%), meliputi pengelolaan kelembagaan perguruan tinggi,
  3. Aspek Output (Bobot Penilaian 25%), meliputi capaian kinerja jangka pendek yang dicapai oleh perguruan tinggi, dan
  4. Aspek Outcome (Bobot Penilaian 35%), meliputi capaian kinerja jangka panjang perguruan tinggi.

Semoga dengan prestasi ini, bisa mendorong Telkom University untuk menjadi lebih baik lagi, terus melakukan perbaikan kualitas secara terus menerus dan menjadi manfaat bagi semuanya.

Sekali lagi, congratulation TelU and Happy Birthday! JAYA! JAYA! JAYA!


Leave a Reply